Saturday, September 13, 2008

Great Thing Comes From A Small Things

Sewaktu SMA, saya sering baca majalah remaja, sebut saja namanya Anita. Mungkin sebagian dari dear reader, banyak yang tahu, kalau Anita itu ya majalah remaja yang isinya 80% cerpen - cerpen remaja, namanya juga majalah remaja. Kebetulan, saat itu teman saya jago bikin cerpen, namun sayang ngga pernah dikirim ke redaksi majalah - majalah remaja. Setiap kali selesai membaca cerpen - cerpen itu, saya seolah memiliki semangat baru untuk menulis cerpen, dan tentunya cita - cita baru menjadi novelist ataupun pengarang cerita.

Tanpa banyak ba bi bu, diam - diam saya susun kalimat - kalimat cerita berdasarkan ‘imajinasi sesaat’. Apa hasilnya? Cerpen itu tak pernah selesai. Begitu sampai ditengah, imajinasi sesaat saya selalu berubah - ubah. Apa yang saya lakukan kemudian. Yach menulis cerpen dengan imajinasi baru, yang tentunya jauh berbeda dengan imajinasi sebelumnya. Ceritanya saya rubah, dan begitu seterusnya. Sampai saat saya lulus, dan menggeluti pekerjaan dibidang media, tak satu cerpenpun saya selesaikan. Semuanya berhenti di tengah. Terakhir, saya berusaha menulis novel, yang ceritanya saya angkat dari pengalaman pribadi saya, hasilnya baru 13 halaman. Dan, mulai tak tersentuh dengan imajinasi segar untuk menyelesaikannya. Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak membuat novel lagi, karena saya paham betul, saya belum sampai pada tahap itu. Saya melompat terlalu jauh.

Padahal untuk meraih kesuksesan, seseorang harus melewati tahapan - tahapan kecil. Kalau pengen jadi penulis, ya harus rajin - rajin menulis, rajin - rajin baca untuk memperkaya imajinasi. Karena didunia ini tidak ada sesuatu yang tiba - tiba [kecuali mukjizat Tuhan]. Semua harus melewati proses. Nah untuk sampai pada cita - cita menjadi penulis ataupun novelist tadi, saya berupaya untuk membuat tulisan - tulisan kecil di blog, membuat lompatan - lompatan kecil dalam proses menulis, yang lebih tertata, lebih terarah, dengan sebuah tujuan besar ‘menjadi penulis besar’.

Great thing comes from small things

Salam

Inem Sukoco

No comments: